Jenis Formasi Sepakbola Terbaik Yang Digunakan Tim Besar

Seperti yang kita tahu, kalau Pep Guardiola adalah pelatih yang sering menerapkan formasi dengan 2 dari 3 pemain tengah yang ia mainkan difokuskan untuk membantu penyerangan. Namun, ternyata Guardiola juga pernah menerapkan formasi yang tidak lazim diterapkan di pertandingan sepakbola. Ketika dirinya masih melatih Barcelona, Guardiola merubah menjadi 4-2-4.

Setiap pemain harus memainkan posisinya dengan baik dan kepercayaan teman-temannya untuk bermain positions. Ketika bola dikuasai oleh lawan di sekitar wajah kita, kita harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga serangan mereka bisa kita istirahat atau setidaknya kita tarik.

ketika tim kita kehilangan bola, maka tim kita harus beralih dari ‘serangan’ untuk ‘bertahan hidup’. Secara umum, jika tim kita bertahan maka harus posisi para pemain saling berdekatan satu sama lain untuk membentuk pertahanan yang masif. Adapun jika kita menyerang maka tim harus posisi pemain berjauhan untuk menciptakan ruang-ruang lebar dan untuk menceraiberaikan pertahanan lawan. Pertahanan bersama atau daerah (zone marking) merupakan pertahanan yang menuntut kebersamaan.

Formasi ini memiliki pertahanan yang solid, dan mengandalkan serangan balik. 2 orang bek sayap dapat maju ke depan saat serangan balik, dan 2 gelandang sayap bertugas untuk memberikan umpan cantik kepada target man atau striker yang sudah menunggu di depan. Kita menentukan formasi tertentu untuk memastikan adanya dukungan, kedalaman, lebar, dan cakupan bidang baik dalam serangan atau pertahanan.

Adapun ketika lawan menguasai bola di daerah pertahanan mereka, kita juga harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga kita dapat menangkap dan menguasai bola untuk kemudian mencetak gol. Jika pemain depan tim kami selalu berusaha untuk mencuri bola dikontrol oleh pemain belakang lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *